Before i'm going stuck again...!!!
yaa..inilah si ajir, mengidap sebuah penyakit yang disebut oleh bulek sebagai "stuck" alias buntu! Dan sebelum penyakit itu tiba (biasanya seminggu 3x)..maka si ajir mulai menuliskan tutorial untuk membagi ilmu dan biar ilmunya gak lupa. kalau sebelumnya blog ini sering membahas tutorial yang berbau vektor seperti coreldraw dan illustrator, kali ini, si ajir akan sedikit bermain dengan dimensi (halah..gayamu!) dengan berbagi secuil ilmu tentang 3ds max.
3ds max merupakan sebuah software pengolah gambar 3 dimensi untuk keperluan arsitektur dan animasi 3d. {setahu saya} semua elemen benda dan makhluk yang pernah ada di dunia nyata bisa diciptakan melalui 3ds max. seperti misalnya air, api, asap, dan elemen-elemen lain sebagainya. Tidak terkecuali dengan elemen kain yang mempunyai gerakan simulasi yang kompleks (bahasanya biasa aja bos!), karena pada dasarnya sifat kain sudah terekam dalam 3ds max dan dapat segera diaplikasikan dengan beberapa langkah mudah, berikut langkah-langkahnya :
step satoe: Pada viewport perspective, buat sebuah objek kotak, caranya: pilih create>geometry>box. atur property kotak sehingga mempunyai segmen yang cukup (beri nilai 10 untuk hwigh segs, weidth segs, dan length segs.
Lari ke viewport front, buat sebuah objek plane, create>geometry>plane dan tarik hingga berada di atas objek box.
step dua: Seleksi objek plane, lari ke modifier, klik kanan pada plane lalu pilih NURBS. pada property NURBS, klik pada tab survace aprroximation, lalu pilih advanced parameter. maka akan keluar jendela baru pada layar 3ds max, conteng pada delauney lalu klik OK.
step tiga: Perkecil nilai pada kolom Edge di surface aprroximation sebesar 2. langkah ini untuk membuat objek plane memiliki segmen yang cukup untuk dijadikan sebuah objek kain.
step empat: masih dengan menyeleksi objek plane, klik pada kolom modifier list lalu pilih Cloth. Pada property cloth, klik Object Property untuk membuka jendela baru. pada jendela baru, pilih Add Object. pilih objek box untuk ditambahkan pada jendela baru tersebut.
step lima: Buat sedikit pengaturan di jendela baru tersebut, pilih box lalu centang pada Collision Object, dan pilih Plane lalu centang pada cloth. langkah ini membuat objek plane menjadi kain, dan objek box menjadi objek collision tempat kain akan berinteraksi. untuk jenis kain, ini optional. dalam hal ini saya menggunakan Cotton.
step enam: Kain udah jadi, sekarang tinggal disimulasikan. klik tombol simulate local untuk menguji kain buatan anda. apabila anda ingin agar pergerakan simulasinya direkam di keyframe, tinggal klik simulate.
daaaaannn..hasil akhirnya!
jelek.. :D
yahh..sgitu aja..
diriku mau tidur lagi..
mudah-mudahan bermanfaat!
Sumber : http://www.desainstudio.com/2009/10/bikin-kain-dengan-3ds-max-cloth.html
0 komentar: