You Are Reading

1

Membuat Objek Botol

muhammad samsul haris
Salah satu keunggulan Adobe Illustrator dibanding software pengolah gambar vektor lainnya adalah kemudahan dalam pengolahan objek-objek 3 dimensi. Objek 3d merupakan salah satu alternatif untuk menciptakan variasi dalam suatu desain. Selain itu, objek 3d juga menciptakan kesan realistis dan lebih hidup pada desain.Pada tutorial kali ini, kita akan menggunakan tool 3d pada Adobe Illustrator untuk membentuk sebuah botol lengkap dengan label yang tertempel dibotol tersebut. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah dibawah ini :

STEP SATU : Membuat Label Botol

Buat sebuah label berbentuk persegi panjang untuk botol yang akan kita buat. Sebagai contoh, saya membuat sebuah label sederhana dengan menggunakan teks tool (T) untuk teksnya, dan rectangle tool untuk latar belakangnya.



STEP DUA : Jadikan Label sebagai Simbol

Pada menu bar, pilih window > symbol. Maka akan terbuka tab symbol pada ikon panel disebelah kanan layar. Seleksi objek label, lalu klik pada ikon new symbol pada symbol palette (bisa juga dengan drag langsung objek label ke symbol palette)


STEP TIGA : Buat Objek Botol

Gunakan pen tool (P) untuk membuat objek botol.

Sedikit tips, buat setengah bagian saja dari objek botol kemudian duplikat lalu mirror hasil duplikasi, selanjutnya klik keduanya lalu klik Add to shape area pada pathfinder palette untuk menggabungkannya

STEP EMPAT : Membelah Objek Botol

Buat sebuah persegi menggunakan rectangle tool, posisikan seperti pada gambar dibawah ini.


Klik pada kedua objek (persegi dan botol) kemudian pada menu bar pilih window > pathfinder. pada pathfinder palette, klik ikon substract from shape area lalu klik tombol expand.

STEP LIMA : Membagi Objek Botol


Gunakan line segment tool (\) untuk membuat tiga buah garis dan posisikan seperti pada gambar dibawah ini.



Seleksi kesemua objek botol (termasuk tiga garis yang baru saja dibuat) lalu pada pathfinder palette, klik pada ikon outline.


Sekarang objek botol telah terbagi berdasarkan beberapa bagian. klik pada tiga garis yang baru dibuat tadi (dan tentunya sudah terbelah) lalu tekan delete pada keyboard untuk menghapusnya.


Hapus juga garis potongan pada tengah objek botol, caranya seleksi titik garis tersebut menggunakan Direct selection tool, lalu delete.


Kita selesai pada tahap membagi objek, dan hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini.

STEP ENAM : Memberi Warna Garis Objek Botol

Beri warna bagian garis-2 dari objek botol seperti gambar dibawah ini.


STEP TUJUH : Revolve

Klik pada seluruh garis-garis botol lalu Group (Ctrl + G). Kemudian seleksi objek botol, lalu pada menu bar pilih effect > 3d > revolve.



Conteng pada preview di jendela 3d revolve option untuk melihat preview 3d dari objek. Kemudian klik pada tombol Map Art.


STEP DELAPAN : Menempelkan Label pada Objek Botol

Pada Jendela Map Art, Cari surface (permukaan) yang akan ditempeli label dengan cara klik pada tanda panah disamping kolom surface. Kemudian pada kolom symbol, pilih symbol label yang telah kita masukkan tadi. Sesuaikan posisi label pada ruang putih yang tersedia. Ruang putih tersebut adalah area dimana label akan terlihat, sedangkan area abu-abu adalah area dimana label tidak terlihat.


STEP SEMBILAN : Finishing

Untuk finishing atau sentuhan akhir, cukup klik ganda pada objek botol, lalu seleksi dua garis yang membentuk warna biru paling muda dari botol, kemudian atur opacity dari garis tersebut sebesar 50. Hal ini bertujuan untuk membuat transparansi pada sebagian objek botol mengikuti kondisi botol pada umumnya yang bersifat tembus pandang.



Yeah, we got it.... Hasilnya kira-kira akan seperti ini.
Selamat mencoba brader en sister semua.. :D



Sumber : http://www.desainstudio.com/2010/01/adobeillustrator-3d-tutorial-bikin.html

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bisa minta filenya??

Posting Komentar

Beri komentar dibawah ini !!! fontcolor=#fffff